Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya

Penyebab Laptop Tiba-Tiba Mati- Sering mengami laptop milik anda tiba-tiba mati? Tak tahu apa penyebabnya? Malah anda jadi bingung?. Nah pada kali ini admin akan membagikan sedikit informasi penyebab laptop tiba-tiba mati serta cara mengatasinya. 

Sebelum lanjut ke pembahasan, apakah anda pernah mengalami laptop lemot, hang atau lag parah? Jika pernah admin menyarankan untuk membaca Trik Jitu ini : Solusi Windows 10 Lemot. Nah, mengapa laptop tiba-tiba mati? Mungkin terjadi masalah di dalam laptop milik anda sehingga ia(laptop) mati sendiri. 

Akan tetapi, jika anda tahu penyebab laptop anda mati anda bisa tenang dan cepat memperbaikinya. Jika anda tidak tahu penyebab laptop anda mati ini yang sulit malah membuat anda menjadi bingung dan bertanya-tanya. 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinnya

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya

Berikut penyebab laptop mati serta cara mengatasinya:  

1. Overheating (terlalu panas) 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya
Salah satu penyebab laptop mati sendiri ialah overheating(terlalu panas). Mengapa laptop yang terlalu panas bisa membuat laptop mati? Analogi sederhana seperti ini: Jika anda kepanasan apakah anda memerlukan untuk berteduh? Ia laptoppun begitu. 

Maksudnya seperti ini; jika laptop yang anda miliki terlalu panas atau overheating admin menyarankan agar mematikan beberapa menit sampai laptop yang anda miliki sudah tidak terlalu panas lagi. Atau anda bisa menggunakan alternatif yang lain. Alternatif yang lain itu alternatif apa bang? Belikan Kipas. 

Sebab jika anda memblikan pendingin atau kipas 80% tidak terlalu seperti ketika tidak menggunakan kipas atau pendingin. 

2. Processor Kering(pasta Processor) 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya
Nah, penyebab laptop mati sendiri selain dari overheating atau terlalu panas, Processor yang kekeringan paste juga bisa membuar laptop anda mati sendiri. Penyebab yang lain juga seperti laptop restart sendiri. 

Nah, salah satu cara agar processor tidak kehabisan paste ialah dengan membongkar laptop anda dan berikan paste pada processor anda. Biasanya ketika Processor kering terjadi panas atau overheating pada laptop yang miliki sehingga laptop anda mati sendiri. 

3. Sistem Operasi (OS) Bermasalah 

Nah, lanjut ke penyebab laptop mati sendiri yang lain ialah Sistem Operasi yang anda gunakan terjadi masalah. Biasanya terkena virus. Jika terkena virus biasanya laptop restart terus menurus. Sedangkan ketika Sistem Operasi(OS) bermasalah dampaknya juga bisa membuat laptop anda mati sendiri. 

Mungkin ketika anda menginstall aplikasi(didalam aplikasi tersebut terselip bahaya sehingga penginstallan aplikasi tersebut tidak good dan membuat laptop anda mati sendiri) Nah, cara mengatasi hal tersebut yakni Sistem Operasi (OS) yang bermasalah dengan menginstall ulang Sistem Operasi. Atau bisa juga menjalankan troubleshoting pada opsi di windows. 

Jika anda ingin mengganti atau menginstall ulang windows, anda bisa membaca Trik Jitu ini: Cara Install Windows 7 Full dengan Gambar 

4. Motherboard Bermasalah 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya
Nah, selanjutnya penyebab laptop mati sendiri bisa berpengaruh dari motherboard yang ada di laptop anda. Didalam Motherboard terkumpul beberapa komponen yang mempunyai fungsi masing-masing seprti Slot RAM(Ramdom Access Memory) dan masih banyak komponen yang lainnya. 

Jika sering terjadi masalah pada laptop anda atau laptop mati sendiri, coba anda cek motherboard laptop anda apakah ada kasalahan atau konslet. Jika anda masih tidak berani membongkar motherboard untuk melihat dibagian mana yang konsel, anda bisa membawa ke tempat service laptop agar di perbaiki dan anda bisa tahu di bagian motherboard yang mana yang terjadi konslet. 

5. RAM(Random Access Memory) Bermasalah 

Selain Sistem Operasi(OS) RAM juga bisa berpengaruh membuat laptop anda mati sendiri. Sebab fungsi utama pada RAM ialah menyimpan data secara sementara(Simplenya begitu). Sedangkan ketika anda membuka kemudian menghidupkan laptop atau komputer milik anda yang pertama bermain ialah RAM(Ramdom Access Memory). 

Jika anda merasa RAM yang di miliki oleh laptop anda tidak mempuni, anda bisa meng-upgrade RAM agar performa laptop anda semakin good 

6. Debu Menyumbat Kipas Pendingin 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya
Selain RAM(Random Access Memory) bermasalah dan bisa membuat laptop anda mati sendiri, ketika kipas pendingin yang di miliki laptop anda terkena atau ada yang membuat kipasnya tidak berjalan ini juga termasuk salah satu yang membuat laptop anda mati sendiri. 

Admin menyarankan agar membersihkan laptop anda minimal 1 tahun sekali atau 2 tahun sekali. Sebab kemungkinan besar juga ketika anda menggunakan laptop pastinya ada debu-debu yang masuk ke dalam pendingin kipas sehingga membuat kipas menjadi tidak berjalan dan akibatnya laptop anda mati tiba-tiba. 

7. Baterai Laptop Drop 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Serta Cara Mengatasinya
Nah, salah satu juga yang bisa membuat laptop mati sendiri ialah baterai laptop yang anda gunakan atau dimiliki oleh laptop anda sudah tidak stabil lagi sehingga menyebabkan laptop anda mati secara tiba-tiba. Alternatif supaya laptop anda tidak mati secara tiba-tiba ialah dekat dengan colokan(terminal) agar anda bisa mengisi daya baterai anda agar laptop yang anda miliki tidak mati secara tiba-tiba. 

Penyebab Laptop Mati Sendiri Ketika di Charge 

Nah, ini sebenarnya masuk ke pembahasan lainnya. Tapi ini ada kesinambungan antara laptop tiba-tiba mati. Penyebab laptop mati ketika di charge disini admin memberikan 3 point penting untuk mengatasi laptop tiba-tiba mati ketika di charge. 

Simak penyebab laptop mati sendiri ketika di charge di bawah ini: 

1. Baterai Tidak Memiliki Auto-cut Off 

Nah, salah satu penyebab laptop mati sendiri ketika di charge ialah daya baterai tersebut tidak memilik fitur auto-cut off. Maksudnya; ketika anda mengisi daya baterai laptop anda berhasil mencapai 100% kemudian pengisian daya terus menerus sehingga laptop yang anda miliki tidak di matikan. 

Nah, ini ialah salah satu bentuk oberchage. Kalau di atas overheating (terlalu panas) kalau disini overchage. Sehingga laptop yang anda miliki tiba-tiba mati ketika di charge sebab baterai laptop anda sudah tidak berfungi dengan baik sehingga laptop anda mati ketika di charge. 

2. Listrik Tidak Stabil 

Salah satu penyebab juga selain overchage di atas ialah aliran listrik tidak stabil sehingga laptop anda mati secara tiba-tiba ketika di charge. Efek lain dari listrik yang tidak stabil ialah laptop mati secara tiba-tiba. Nah. Jadi, usahkan aliran listrik yang anda miliki stabil ya sob agar laptop yang anda milki tidak merusah baterai laptop anda dan motherboard anda 

3. Baterai Tidak Bagus 

Nah, salah satu yang bisa membuat laptop anda mati ketika di charge ialah kualitas dari baterai tersebut. Biasanya ini terjadi ketika anda membeli baterai laptop yang tidak ori sehingga membuat laptop anda mati ketika di charge. 

Jadi usahkan ketika membelibaterai laptop sesuaikan dengan versi laptop anda ya gan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan seperti mati ketika di charge.

Konklusi

Nah, Begitulah cara mengatasi laptop mati sendiri dan beberapa penyebab laptop mati sendiri sampai cara mengatasinya. Trik Jitu ini datang dan di publist oleh admin sebab ini sangat penting dibagikan agar pembaca tahu penyebab laptop mati sendiri dan cara mengatasi laptop mati sendiri ketika di charge. Semoga dengan adanya Trik Jitu ini bisa membantu teman-teman dan akhir kata Salam ADMIN PENCARIILMU

Other Tricks