7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Laptop lemot? Inilah Tujuh Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya dan Cara Agar Laptop Tidak Lemot. Laptop ialah salah satu alat elektronik yang banyak dijumpai di tempat toko laptop,
Laptop lemot? Inilah Tujuh Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya dan Cara Agar Laptop Tidak Lemot. Laptop ialah salah satu alat elektronik yang banyak dijumpai di tempat toko laptop, Universitas, kedai dan masih banyak yang lainnya. Kebanyak orang sudah mulai strees dengan laptop yang ia miliki. Mengapa demikian? salah satu alasannya Laptop mereka lemot. Nah kali ini admin akan membahas penyebab laptop lemot.

Sebelum kita  lanjut kepembahasan langkah kita cari permasalahnnya terlebih dahulu. 1. Mengapa laptop lemot? Mungkin banyak yang mencari solusi atas ketidak nyamanan user terhadap laptop yang ia hadapi, salah satunya laptop lemot.

Laptop lemot itu ada beberapa pengaruh di dalamnya sehingga laptop yang teman-teman gunakan lemot,Aplikasi Not Respond. Untuk mengatasi hal itu Admin memberikan beberapa sebab dengan cara mengasi.

Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mengatasinya

Laptop lemot? Inilah Tujuh Penyebab Utama dan Cara Mengatasinya. Kita mulai dari perangkat kerasnya (hardware)terlebih dahulu sebelum menuju perangkat lunaknya(software).

1. Hardisk  Penuh / Full Hard Drive

Hardisk Adalah perangkat keras yang ada di dalam laptop anda. Fungsinya hardisk untuk menyimpan data secara permanen ketika hardisk itu tidak rusak. Nah kenapa permasalahnya ada di hardisk? sebab jika hardisk nya full laptop yang anda gunakan bisa berpengaruh sangat lambat(lemot).

Cara mengatasinya Jangan terlalu banyak menyimpan data di dalam laptop. Kalau bisa data yang berukuran besar anda taruh di dalam penyimpnan online misalnya Google Drive.

2. Usia Hardisk / Hard Disk Age

Nah, untuk Perangkat Keras ini (Hardisk). Usia juga menjadi permasalah dalam penggunaan laptop anda. Jika usia Hardisk anda sudah lama di anjurkan untuk mengganti ke hardisk yang baru. Kenapa demikian? Karena Usia hardisk juga berpengaruh terhadap performa laptop anda.

Jadi solusinya ganti hardisk jika hardiks yang di gunakan oleh laptop anda sudah lama, apabila performa laptop yang anda gunakan masih smoot ya jangan di gantilah. hee

3. Kapasitas RAM

Nah, Kapasitas RAM juga perlu anda tingkatkan jika performa laptop yang anda gunakan tidak mempuni. RAM adalah perangkat keras yang berfungsi untuk menyimpan data sementara. Semisal anda baru saja menghidupkan Laptop kesenangan anda, seketika itulah RAM yang memproses.

Cara mengatasinya tingkatkan /upgrade RAM anda. Untuk sekarang minimal RAM yang digunakan 2 GB dan itupun harus menginstall aplikasi secukupnya dan jangan sampai menginstall aplikasi berlebihan. Jika aplikasi yang di install berlebihan ya efek sampingya laptop anda lemot sebab RAM dan isi laptop anda tidak sepada.

4. Terlalu Banyak Start-up

Nah, ini juga termasuk salah satu kategori yang bisa melumpuhkan performa laptop anda. Sebab start-up ini bermainnya di belakang layar sehingga user tidak tahu apakah aplikasi ini, itu bermain apa tidak.

Cara mengatasinya Disable start-up yang tidak perlu. dan cara menuju itu silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini: Langkah-langkah menuju star-up

Klik kanan pada taskbar > pilih Task Manager


Kemudian akan di alihkan ke Tab yang baru. Langkah selanjutnya cari menu start-up dan klik
Cari menu Start-up. Terihat seperti gambar di bawah ini. Silahkan klik menu Start-up

penyebab serta cara mengatasi laptop lemot

Kemudian Pilih aplikasi yang berjalan. Jika itu bersangkutan dengan Hardware anda jangna di Disable ya mengapa demikian? jika anda menDisbale aplikasi bawaan OS maka Sistem Operasi anda tidak berjalan sesuai keingin atau takutnya terjadi Error


5. Terlalu banyak Tab di buka

Kenapa kebanyak membuka aplikasi bisa membuat laptop lemot? jika tab di buka bersamaan dan berlebihan khawatirnya laptop anda tidak kuat dan akhirnya laptop anda menjadi lemot.Gambar di bawah ini adalah salah satu contoh tab yang dibuka terlalu banyak.



Solusinya: Hindari membuka aplikasi yang berlebihan. dan jangan membuka aplikasi bersamaan.

6. Banyak Virus

Ini adalah salah satu penyebab laptop anda menjadi lemot. Virus yang ada di laptop anda bisa membuat laptop anda menjadi lemot, hang dan macam-macam. Jika tidak ingin terkena virus ya jangan internetan, jangan minta file lewat flashdisk and another.

Virus ini bermacam-macam. Ada kala masukknya lewat file yang di download dan masih banyak cara virus masuk ke dalam laptop anda. Untuk Sistem Operasi Windows 10 sudah ada antivirus yang sudah di sediakan oleh microsoft jadi saran saya jangan install anti virus di windows 10.

7. Jarang Update Sistem

Nah, ini juga termasuk ke dalam kategori penyebab laptop anda lemot. Saran Admin, Jika sistem operasi anda sudah ada notifikasi untuk update silahkan di Update saja agar performa lebih bagus lagi. Memamang meng-Update Sistem itu membutuhkan tempat yang banyak juga tapi saran Admin mending ikuti perintah Update saja.

Nah initulah beberapa penyebab serta cara mengatasi laptop lemot. Jika ada yang masih kurang faham silahkan komen di kolom komentar di bawah. Salam Admin