6 Syarat Menuntut Ilmu Menurut Imam Syafi

Syarat menuntut ilmu menurut imam syafi- Dengan suasana hati yang sama seperti hari hari sebelumnya yakni Senang. Malam demi malam masih bisa di lewati dengan semangtnya yang meraja rela. Namun jangan salah ketika masih dalam keada'an yang kurang baik barang kali masih banyak yang di simpan dalam benak ini, sehingga tidak mau melontarkan kata-kata nan indah.

Kali ini kita akan berbincang-bincang mengenai syarat-syarat menuntut ilmu yang sudah jelas di dalam kitab Ta'lim Mu ta'allim yang di argumentasikan Oleh sahabat Nabi yakni  Sayyidina Ali bin Abi Tholib yang mana Sairnya berbunyi:

اَلا  لاَ  تَناَلُ  اْلعِلْمَ   إِلاَّ  بِسِتَّةٍ      سَأُنْبِيْكَ عَنْ مَجْمُوْعِهَا بِبَيَانٍ

ذَكاَءٍ وَحِرْصٍ وَاصْطِباَرٍ وَبُلْغَةٍ      وَإِرْشَادِ أُسْتَاذٍ وَطُوْلِ زَمَان


 Yang artiya "Ingatlah! Engkau tidak akan mendapatkan ilmu kecuali dengan 6 Syarat. Saya akan memberitahukan semuanya secara rinci yakni; Kecerdasan, kemauan, sabar, biaya, bimbingan dari guru dan waktu yang lama"


6 Syarat Menuntut Ilmu Menurut Imam Syafi

1. Kecerdasan

Mengenai kecerdasan, semua makhluk(manusia) pasti cerdas. Kenapa saya mengatakan demikian, karena kita mempunyai Akal fikiran yang membedakan Manusia dengan makhluk yang lainnya. maka dari itu setiap Insan di dunia ini mestinya Cerdas dan harus menggunakan Akal fikirannya untuk berfikir. 


2. Kemauan

Nah, ini memang yang sulit dimiliki dari sekian banyak makhluk(manusia). Namun barang siapa yang bersungguh sungguh pasti apa yang ia inginkan pasti tercapai. sebagai mana pepatah mengatakan "barang siapa yang bersungguh sungguh pasti dapat" man jadda wajada. 

atau saya sering menyebutnya "Proses tidak akan menghianati hasil"

3. Sabar

Sabar ialah menerima apa-apa yang telah di takdirkan Oleh sang Kholiq dan kita harus menerimanya. Jika dalam menunutut ilmu tidak ada kesabaran di dalam dirinya maka syarat-syarat menuntut ilmu bagian yang ketiga ini masih perlu di renunggkan lagi. Mencoba dalam bersabar memang sulit namun lagi lagi "barang siapa yang bersungguh sungguh pasti ia dapat"

4. Biaya/Uang

Nah, selain sabar dan kemauan, biaya atau materi yang harus kita persiapkan juga ketika seseorang ingin menuntut ilmu. Di muda ini, jika kita tidak mempunya meteri(biaya) saya rasa apa yang ingin kita lakukan tidak bisa. Kenapa demikian? karena pada zaman sekarang serba materi materi dan materi.

5. Bimbingan Dari Guru

Bimbingan dari Seorang guru memang perlu ketika kita dalam belajar kita tidak ada yang mendampingi takut apa yang kita fikirkan atau apa yang terlintas di fikiran kita tidak bisa di kendalikan oleh kita sendiri. Maka dari itu perlu bimbingan dari seorang guru. dan yang terakhir

6. Waktu Yang Lama

Memang di dalam menuntut ilmu kita harus membutuhkan waktu yang lama. Jika hanya sekedar satu atau 2 tahun kita menuntut ilmu, takut apa yang kita ketahui kurang meluas dan banyak ketakutan yang lainnya. Sekolah Dsar 6 tahun, Sekolah Menengah Pertama 3 tahun, Sekolah Menengah Kejuruan 3 tahun Kuliah 4 tahun, itu bukan waktu yang lama. 

Sebagaimana apa yang pernah saya dengar bahwasanya "Tuntutlah ilmu dari buaian ibumu sampai akhir hayar hidupmu".  Jadi walaupun sudah meyelesaikan pendidikan yang di atas saya rasa itu belum cukup. 

Saling mengingatkan semoga berkah dan salam Admin
Other Tricks