Cara Sharing File Antar Komputer

Cara Sharing File Antar Komputer

Cara Sharing File Antar Komputer . Pada tutorial sebelumnya www.pencariilmu.com telah membagikan secara lengkap cara mudah share printer menggunakan windows 7 yang sangat berguna bagi yang berkerja tim atau kerja kantoran yang mana fungsinya menggunakan 1 printer untuk beberapa komputer tanpa harus memindah-mindahkan kabel printer ke masing-masing komputer. Namun pada kesempatan kali ini ini www.pencariilmu.com akan membagikan tips cara share folder dalam satu jaringan atau satu koneksi yang hampir sama seperti halnya share printer. 

Melakukan share folder dalam satu jaringan bertujuan untuk lebih memudah kan akses ke folder yang sama pada tiap-tiap komputer user. Jadi untuk mengambil atau mengirim data tidak diperlukan lagi perangkat keras tambahan seperti menggunakan flashdisk. Contoh dalam satu kelompok ada 20 orang dengan jarak yang yang tidak begitu dekat dan saling terhubung dengan jaringan yang sama, baik itu kabel maupun wifi. Para user hanya perlu mengakses satu ip host, maka seluruh folder dan data pada komputer host yang di share akan tampil pada komputer client. Bayangkan aja gan gimana repotnya hanya mengambil 1 data kecil saja harus pake colok-colok flashdisk ke masing-masing komputer kan sangat merepotkan gan.... hehehehe....


Cara Share Folder Dalam Satu Jaringan

  • Buka "Control Panel > Network and Internet > Network and Sharing Center > Advanced sharing settings"
  • Pada Public (current profile) pilih "Turn off  password protected sharing" setelah itu pilih "Save Changes" cara ini bertujuan agar setiap user yang ingin mengakses ip host tidak perlu mengisi username dan password lagi.
  • Langkah selanjutnya silahkan cari folder yang akan dishare, klik kanan pada folder tersebut dan pilih "Properties"
  • Pada Tab Sharing pilih "Advanced Sharing" maka akan tampil kota dialog "Advanced Sharing"
  • Ceklis pada bagian "Share this folder" kemudian lanjutkan dengan memilih "Permissions" dan akan tampil kotak dialog dengan nama "Share Permissions"
  • Pada kotak dialog "Share Permissions" pilih "Add" maka akan tampil kotak dialog dengan nama "Select User Or Groups" 
  • Pada kotak dialog "Select User Or Groups"  pilih "advanced" dan lanjutkan dengan meng klik "Find Now" maka akan tampil nama-nama user. Lanjutkan dengan memilih user dengan nama "Everyone" dan pilih "OK". secara lengkapnya lihat gambar dibawh ini. Klik untuk memperbesar gambar.
    www.pencariilmu.com
  • Pada kotak dialog "Share Permissions" ceklis seluruh kotak pada bagian "Allow" lakukan seperti gambar dibawah ini.
    www.pencarilmu.com
    kemudian klik "OK" hingga semua kotak dialog yang terbuka tertutup semua.  Untuk tahapan share folder sudah selesai dilakukan. Tahapan selanjutnya adalah untuk mengetaui ip host yang akan dituju. 
  • Buka "Control Panel > Network and Internet > Network Connections" dan klik kanan pada jaringan yang digunakan komputer host, misal Wifi atau Lan dan pilih "Status" Disini admin blog pelajar menggunakan wifi.
  • Lanjutkan dengan memilih pilihan "Details"  
    www.pencariilmu.com
    Coba perhatikan angka yang ada pada IPv4 Address, itu adalah ip host yang akan digunakan oleh client atau komputer lain. Disini admin blog pelajar menggunakan ip : 192.168.43.172. Untuk ip host sudah diketahui, selanjutnya adalah mencari ip host tersebut dari komputer client atau komputer lain.
  • Pada tahapan ini buka "File Explorer" 
  • Pada bagian atas isikan ip komputer host, sebagai contoh disini saya akan mencari ip host : 192.168.43.172, maka pada File Explorer" isikan data seperti ini \\192.168.43.172 dan tekan enter. Jika berhasil dan sesuai dengan yang datas, maka akan tampil seperti gambar dibawah ini.
    www.pencariilmu.com

Nah gimana gan? tidak begitu sulit kan? dengan begitu dalam hal berbagi file bersama dalam satu jaringan sangatlah mudah dan menyenangkan, jadi gak  perlu repot-repot cabut pasang flashdisk lagi gan. Namun jika dirumah, dikost atau ditempat tinggal agan dalam keadaan offline atau tidak ada jaringan speedy atau pun yang lain, Jika agan punya laptop, agan bisa membuat 1 laptop jadi hostpot yang bertujuan untuk menghubungkan semua laptop ke satu hostpot agar bisa melakukan share file dan folder.

Cara Sharing File Antar Komputer . Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat bagi pembaca. Jika ada pertanyaan, silahkan post dikolom komentar, admin blog pelajar akan berusaha semaksimal mungkin untuk membatu.
Other Tricks